Jumat, 10 Januari 2014

Definisi Mengendalikan (Controlling) dan Langkah-langkah dalam Kontrol

Tulisan ke 8 - Softskill
Psikologi Manajemen
  
Definisi Mengendalikan (Controlling)

Perolehan dan penggunaan informasi untuk membantu mengkoordinasikan proses pembuatan perencanaan dan pembuatan keputusan melalui organisasi dan utnuk memandu perilaku manajemen. Fungsi-Fungsi Manajemen Kegiatan dalam fungsi Pengendalian/Pengawasan (Controlling) :
  • Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
  • Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
  • Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target.

Langkah-langkah dalam Kontrol
Proses Pengendalian Manajemen :
1.Perencanaan Strategi 
2. Penyusunan Anggaran 
3. Pelaksanaan Anggaran 
4. Evaluasi Kinerja

  • Pengendalian Tugas proses untuk memastikan bahwa tugas yang spesifik dilaksanakan secara efektif dan efisien.
  • Langkah – langkah penting pada proses pengendalian dapat digolongkan 8 elemen, yaitu :
  1. mengidentifikasikan tujuan dan strategi
  2. Penyusunan program
  3. Penyusunan anggaran
  4. Kegiatan dan pengumpulan realisasi prestasi
  5. pengukuran prestasi
  6. analisis dan pelaporan
  7. tindakan koreksi

Daftar Pustaka:
Dr. Mahmuh M, hanafi, MBA. 2003. Mangemen Edisi Revisi. Yogyakarta: Akademi Managemen Perusahaan YKPN

Handoko, T.
Hani. 2009. Manajemen. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar