Jumat, 12 Oktober 2012

Tugas Psi & Teknologi Internet (Minggu 3)

Internet Addiction
Internet memiliki manfaat yang besar sebagai sarana informasi dari berbagai kehidupan sosial di masyarakat. Selain memiliki banyak manfaat, ternyata internet juga telah menjadi suatu penyakit bagi mereka yang menggunakanya. Penyakit tersebut adalah internet addiction atau kita kenal dengan “kecanduan internet”.
Kecanduan internet kini sedang merasuki remaja, remaja lebih rentan untuk kecanduan internet dibandingkan orang dewasa. Orang yang sudah kecanduan internet biasanya akan lupa makan, lupa tidur bahkan lupa mandi, bisa juga karena tidak dapat online mereka mengalami kecemasan, marah, stress dan juga depresi.
Penelitian awal menemukan bahwa pecandu Internet dapat mengalami perubahan pada otaknya seperti juga yang terjadi pada pecandu alkohol dan obat-obatan. Para peneliti Cina yang mengungkapkan temuan ini berdasarkan hasil pemindaian otak terhadap 35 perempuan dan laki-laki berusia antara 14 tahun hingga 21 tahun. Tim peneliti yang dipimpin Hao Lie dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Cina di Wuhan menyimpulkan bahwa dari 35 subyek yang diteliti ternyata 17 orang diklasifikasikan mengidap gangguan kecanduan internet (Internet Addiction Disorder atau IAD). Subyek penelitian itu diberi pertanyaan seperti “apakah anda sering kali gagal dalam upaya mengendalikan, mengurangi, atau menghentikan penggunaan internet?” Jika banyak jawaban menjawab “ya”, maka dapat digolongkan sebagai pecandu internet.
Hasil temuan yang dipublikasikan di jurnal PloS one, menemukan bahwa remaja yang kecanduan internet memiliki kerusakan dimateri putih otaknya, sebuah bagian otak yang mengandung serat saraf yang menghubungkan antara sel-sel tersebut.
Para ilmuwan menduga kerusakan tersebut disebabkan oleh terganggunya mielin, selubung lemak yang membantu kerja saraf. Rusaknya selubung tersebut menganggu komunikasi dalam otak sehingga seseorang berfikir perilakunya berharga dan harus diulangi terus-menerus. Kerusakan inilah yang menjadi cikal bakal dari berbagai jenis kecanduan.
                                                                                                   

Sumber:

kunjunganartikel.blogspot.com/2012/01/awas-kecanduan-internet-picu-kerusakan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar